Senin, 08 Juni 2009

TEORI-TEORI PEMUNGUTAN PAJAK

Atas dasar apakah negara mempunyai hak untuk memungut pajak..? terdapat beberapa teori yang menjelaskan atau memberikan justifikasi hak kepada negara untuk memungut pajak. Teori-teori tersebut antara lain adalah :

1. Teori Asuransi

Negara melindungi keselamatan jiwa, harta benda, dan hak-hak rakyatnya. Oleh karena itu rakyat harus membayar pajak yang diibaratkan sebagai suatu premi asuransi karena memperoleh jaminan perlindungan tersebut.

2. Teori Kepentingan

Pembagian beban pajak kepada rakyat didasarkan pada kepentingan (misalnya perlindungan) masing-masing orang, semakin besar kepentingan seseorang terhadap negara, makin tinggi pajak yang harus dibayar.

3. Teori Daya Pikul

Beban pajak untuk semua orang harus sama beratnya, artinya pajak harus dibayar sesuai dengan daya pikul masing-masing orang. Untuk mengukur daya pikul dapat digunakan 2 pendekatan yaitu:

· Unsur objektif, dengan melihat besarnya penghasilan atau kekayaan yang dimiliki oleh seseorang.

· Unsur subjektif, dengan memperhatikan besarnya kebutuhan materiil yang harus dipenuhi.

4. Teori Bakti

Dasar keadilan pemungutan pajak terletak pada hubungan rakyat dapat negaranya. Sebagai warga negara yang berbakti, rakyat harus selalu menyadari bahwa pembayaran pajak adalah sebagai suatu kewajiban.

5. Teori Asas Daya Beli

Dasar keadilan terletak pada akibat pemungutan pajak. Maksudnya memungut pajak berarti menarik daya beli dari rumah tangga masyarakat untuk rumah tangga negara. Selanjutnya negara akam menyalurkannya kembali ke masyarakat dalam bentuk pemeliharaan kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian kepentingan seluruh masyarakat lebih diutamakan

7 komentar:

  1. kewajiban seh kewajiban...
    pi pihak pemerintah yg d percaya mengelola kewajiban ini juga harus bisa melakukan kewajibannya seperti yg telah d amanahkan....

    BalasHapus
  2. posting yang menarik, teori-teori pemungutan huh. kalo ada di input sumber bakal lebih keren lagi. ^_^

    BalasHapus
  3. makasih mbak.
    PR gua jadi selesai deh ^_^

    BalasHapus
  4. berikan contoh nya disetiap teori ?

    BalasHapus
  5. What to do at sports toto
    to learn 원피스바카라 the best odds and the 슈 의 캐릭터 슬롯 머신 best lines for each 바퀴벌레 포커 sports bet. 스포츠 토토 사이트 Here is our list of betting lines and how each will work 토토 사이트 추천 for

    BalasHapus